Sunday, December 18, 2016

Aku Ingin Satu Angka Lagi

Semua orang pasti mengetahui siapakah Rudi Hartono itu. Dia adalah legendaris badminton yang saat itu telah tujuh kali menjadi juara pertandingan bulu tangkis All England di Wimbledon, Inggris. Tapi belum banyak orang yang tahu bahwa suatu ketika pahlawan bulu tangkis ini berada pada keadaan yang amat sangat terjepit.

Kala itu ia harus mempertahankan gelarnya sebagai juara dunia. Ia harus menghadapi Strue Johnson, juara bulu tangkis dari Swedia. Ini adalah lawan sekaligus musuh bebuyutannya. Stadion Wimbledon pun riuh-rendah sesaat sebelum keduanya memulai pertandingan. Sementara itu, rakyat Indonesia deg-degan mendengarkan siaran langsung pertandingan melalui Radio Republik Indonesia (RRI).

Pertandingan pun dimulai. Adu pukul shuttel-cock pun cepat memanas. Sial, pada set pertama Rudi Hartono kalah. Set kedua dimulai, adu pukul dan adu smash pun makin mengharu-biru semua penonton. Kali ini benar-benar celaka, di ujung set kedua Rudi Hartono tertinggal angka dalam posisi 0-14. Seluruh pendengar RRI (waktu itu masih sangat sedikit penduduk Indonesia yang memiliki TV) yang mengikuti pertandingan itu menjadi tegang. Jika salah pukul, pasti Rudi Hartono akan kalah.

Untung, Strue Johnson melakukan kesalahan. Shuttel-cock pun berpindah ke tangan Rudi. Nah, ketika akan memukul shuttel-cock itulah Rudi Hartono berkata dalam hati kecilnya, “Aku ingin satu angka saja!” 

Lalu ia pun memukulnya ke arah lawan. Masuk! Strue Johson tak mampu menahan shuttel-cock. Satu angka untuk Rudi, jadilah 1-14. Rudi pun kembali memukul shuttel-cock. Seperti tadi, kali ini hati kecilnya kembali berkata, “Aku ingin satu angka saja!”

Demikianlah, satu demi satu angka direbut oleh Rudi Hartono. Posisi angka pun berubah drastis menjadi 14-14. Strue Johnson tercengang tak habis-habis, kenapa dirinya sampai terkejar begitu cepat oleh lawannya. Inilah yang menyebabkan mentalnya jatuh. Set kedua pun dimenangkan Rudi Hartono dengan amat sangat sulit.

Di set ketiga, Strue Johnson kehabisan napas seiring dengan mentalnya yang melorot. Dengan mudah set ketiga dimenangkan Rudi Hartono. Inilah yang kemudian mengantarnya menjadi juara dunia bulu tangkis kedelapan kali!


No comments:

Post a Comment

New Post

Cara Menyucikan Tanah

Cara Menyucikan Tanah - Tanah yang najis karena terkena kotoran atau najis, akan menjadi suci dengan menyiramnya dengan air. Abu Huraira...

Pages - Menu