Tuesday, February 27, 2018

6 Strategi dan Proses Islamisasi di Indonesia

Strategi dan Proses Islamisasi di Indonesia - Dapat dipahami dari pembahasan tentang masuknya Islam ke Nusantara bahwa masuknya agama Islam ke Indonesia terjadi tidak sekaligus tetapi secara periodik. Di artikel bagian ini akan diuraikan tentang strategi penyebaran Islam dan media yang dipergunakan oleh para pedagang dan mubaligh dalam penyebaran Islam di Indonesia.

Salah satu arti “strategi” yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu “rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus”. Dalam konteks dakwah Islam, strategi dakwah yang dimaksud ialah kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para mubaligh, yang membawa misi Islam di dalamnya.

Dari kajian di atas dan berbagai literatur, setidaknya terdapat beberapa kegiatan yang digunakan untuk menyebarkan Islam di Indonesia, di antaranya adalah: perdagangan, perkawinan, pendidikan, kesenian, dan tasawuf. Berikut uraian singkat mengenai hal tersebut.

1. Perdagangan

2. Perkawinan

3. Pendidikan

4. Tasawuf 

5. Kesenian

6. Politik

Di Maluku dan Sulawesi Selatan, kebanyakan rakyat memeluk Islam setelah rajanya. Pengaruh politik raja sangat membantu tersebarnya Islam di wilayah ini. Jalur politik juga dilalui ketika kerajaan Islam menaklukkan kerajaan non Islam, baik di Sumatera, Jawa, maupun Indonesia bagian Timur.


No comments:

Post a Comment

New Post

Mengikuti Bacaan Muazin

Mengikuti Bacaan Muazin - Jika seseorang mendengar azan, hendaknya dia mengikuti bacaan tersebut berdasaran sabda Nabi Saw., "Jika ...

Pages - Menu