Wednesday, January 30, 2019

Azan dan Iqamah Sebelum Shalaat Sendirian

Azan dan Iqamah Sebelum Shalaat Sendirian - Jika seseorang hendak melaksanakan shalat sendirian, pada dasarnya dia boleh mengumandangkan azan dan iqamah bagi dirinya sendiri berdasarkan sabda Rasulullah Saw., "Apabila seseorang sedang berada di tengah padang seorang diri, kemudian tiba waktu shalat, hendaklah orang itu berwudhu. Kalau dia tidak mendapatkan air wudhu, hendaklah dia bertayamum. Jika dia membaca iqamah, akan shalat bersamanya kedua malaikat (yang mendampinginya). Jika dia azan dan iqamah, akan shalat di belakangnya pasukan Allah yang tidak akan terlihat ujungnya" (HR Abu Dawud dan disahkan oleh Al-Albani).

Azan dan Iqamah Sebelum Shalaat Sendirian

Rasulullah Saw. bersabda, "Allah Swt. merasa takjub dengan si penggembala kambing yang ada di puncak gunung, kemudia azan untuk melaksanakan kewajiban shalatnya. Allah Swt. berfirman, 'Lihatlah hamba-Ku ini, dia azan dan iqamah dan menegakkan shalatnya karena takut kepada-Ku! Aku telah mengampuni hamba-Ku ini dan Aku telah memasukkannya ke surga" (HR Al-Nasa'i).

Sumber: Rachman M.Fauzi. 2017. Inilah 150 Amalan Ringan tapi Sering Ditinggalkan. Bandung: PT Mizan Pustaka


No comments:

Post a Comment

New Post

Mengikuti Bacaan Muazin

Mengikuti Bacaan Muazin - Jika seseorang mendengar azan, hendaknya dia mengikuti bacaan tersebut berdasaran sabda Nabi Saw., "Jika ...

Pages - Menu