Sunday, January 27, 2019

Hadis Tentang Bersiwak (Menggosok Gigi)

Hadis Tentang Bersiwak (Menggosok Gigi) - Bersiwak atau menggosok gigi memiliki keutamaan serta pahala yang besar berupa keridhaan Allah Swt.
Hadis Tentang Bersiwak (Menggosok Gigi)
  • Dari Aisyah r.a bahwasannya Nabi Saw. bersabda," Bersiwak itu dapat membersihkan mulut dan mendapatkan ridha dari Tuhan" (HR Al-Nasa'i dan Ibn Khuzaimah).
  • Rasulullah Saw. bahkan sangat menganjurkan para sahabat untuk bersiwak."(HR. Al-Bukhari).
Rasulullah Saw. menggosok gigi dengan menggunakan siwak, yakni kayu yang banyak ditemuka di daerah Arab, tetapi secara' urf(adat) dibenarkan pula jika kita menggunaakn sikat dan pasta gigi seperti yang kita kenal sekarang ini. Bersiwak atau menggosok gigi sangat baik, keciali bagi orang yang berpuasa dilakukan sesudah matahari condong ke barat. Siwak lebih utama bila dilakukan dalam keaadaan berikut:

a. Bangun tidur
  • Hudzaifah r.a. berkata,"Bila bangun tidur, Nabi Saw. senantiasa menggosok giginya dengan siwak" (HR Al-Bukhari dan Muslim).
  • Aisyah r.a. berkata, "kami selalu menyediakan siwak dan air wudhu untuk Rasulullah Saw. Apabila Allah membangunkan beliau kapan saja pada wakktu malam, niscaya beliau bersiwak, wudhu, dan shalat" (HR Muslim).
  • Rasulullah Saw. bersabda, "Jika seseorang bangun tidur untuk shalat malam, hendaklah dia menyikat gigi. Sebab, jika seseorang membaca Al-Quran dalam shalatnya, malaikat menempelkan mulutnya ke mulut orang itu, dan apa pun yang keluar dari mulut malaikat masuk ke mulut orang itu" (Al-Albani, Shahih Al-Jami No.733).
b. Ketika akan melaksanakan Shalat.
  • Dari Abu Hurairah r.a. bahwasannya Rasulullah Saw. bersabda, "Seandainya aku tidak khawatir akan mempersulit umatku, niscaya aku perintah mereka untuk bersiwak setiap mengerjakan shalat" (HR Al-Bukhari dan Muslim).
  • Dari Aisyah r.a. bahwasanya Nabi Saw. bersabda, "Shalat (sunnah) 2 rakaat (yang dikerjakan) dengan bersiwak itu lebih baik daripada shalat (sunnah) 70 rakaat yang tidak dengan bersiwak" (HR Abu Nu'aim).
c. Ketika mulut berbau (baik karena makanan atau karena diam yang lama).
Syuraih ibn Hani berkata, "Saya pernah bertanya kepada Aisyah r.a. tentang perbuatan apa yang pertama kali dikerjakan oleh Nabi Saw. bila masuk rumahnya." Aisyah r.a.menjawab, "Beliau bersiwak"(HR Muslim).

Disamping itu, disunnahkan juga bersiwak sebelum membaca Al-Quran dan pada waktu gigi menguning karena kotoran walaupun mulut tidak berbau.

Sumber: Rachman M.Fauzi. 2017. Inilah 150 Amalan Ringan tapi Sering Ditinggalkan. Bandung: PT Mizan Pustaka


No comments:

Post a Comment

New Post

Mengikuti Bacaan Muazin

Mengikuti Bacaan Muazin - Jika seseorang mendengar azan, hendaknya dia mengikuti bacaan tersebut berdasaran sabda Nabi Saw., "Jika ...

Pages - Menu