Saturday, January 26, 2019

Mandi untuk Shalat Jumat

Berikut adalah hadis tentang mandi untuk shalat Jumat:
doa mandi besar
  • Sabda Rasulullah Saw., "Apabila salah seorang dari kalian hendak pergi shaalt Jumat, hendaklah dia mandi" (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Ibn Umar r.a.).
  • Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda, "Mandi Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang telah balig" (HR Al-Bukhari dan Muslim).
  • Dari Samurah r.a. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Barang siapa berwudhu pada hari Jumat, beruntunglah dia pada hari itu. Dan barang siapa mandi, manti itu lebih baik baginya" (HR Abu Dawud dan Al-Tirmidzi).
  • Dari Abu Umamah r.a. bahwa Nabi Saw. bersabda, "Sesungguhnya mandi pada hari Jumat dapat mencuci dosa-dosa mulai dari pangkal rambut"(HR Al-Thabrani dan para perawinya tepercaya). Selain mandi, disunahkan pula untuk memakai wewangian. Nabi Saw. bersabda, "Seseorang yang mandi pada hari Jumat dan bersuci sampai bersih, lalu memakai minyak wangi atau harum-haruman yang ada di rumahnya, kemudian keluar (untuk melaksanakan shalat Jumat) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang sudah duduk), lantas shalat sebagaimana yang telah ditetapkan, kemudian jika sang imam berkhutbah dia diam dan memperhatikan, niscaya diampuni dosa-dosa yang dilakukannya di antara hari itu dan hari Jumat berikutnya"(HR Al-Bukhari).
Sumber: Rachman M.Fauzi. 2017. Inilah 150 Amalan Ringan tapi Sering Ditinggalkan. Bandung: PT Mizan Pustaka


No comments:

Post a Comment

New Post

Mengikuti Bacaan Muazin

Mengikuti Bacaan Muazin - Jika seseorang mendengar azan, hendaknya dia mengikuti bacaan tersebut berdasaran sabda Nabi Saw., "Jika ...

Pages - Menu