Jumat, 03 Juni 2016

Khatam Al Quran 2 Sampai 3 Menit

khatam Al Quran 2-3 Menit

Al-Qur’an adalah kitab pedoman yang dianjurkan oleh agama. Oleh sebab itu tentu saja di dalamnya mengandung kebaikan-kebaikan yang banyak. Apa ukuran kebaikan itu, hanya Allah yang tahu, manusia hanya bisa mengira dan menerka-nerka berdasarkan kemampuan akal dan ilmu yang bersifat terbatas. Akan tetapi dengan keterbatasan akal pikiran dan sediktnya ilmu yang diberikan Allah, jika Allah telah menghendaki maka ilmu yang sedikt itu dapat menuntun kita untuk semangat beribadah dan selulu melakukan ketaatan kepada Allah SWT.

Sebagai umat Islam, tentu Al-Qur’an tidak akan kita biarkan begitu saja sebagai pajangan, koleksi, atau apa pun.. kita pun memiliki kewajiban terhadap Al-Qur’an salah satunya yaitu membacanya.

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah saw bersabda :

” Barangsiapa yang membaca 1 Huruf dari Kitab Allah, maka ia mendapatkan 1 Kebaikan dan 1 Kebaikan itu sama dengan 10 kali lipat. Aku tidak mengatakan alif laam miim satu huruf, tapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf” (HR.Tirmidzi : 2835)

Terdapat kisah yang menarik yang akan menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

Suatu hari, Rasulullah saw memberikan sebuah teka-teki kepada para sahabatnya. Beliau berkata, "Siapa di antara kalian yang dapat Khatam Al Quran (membaca 30 juz Al-Quran) dalam waktu 2-3 menit?"

Para sahabat terkejut mendengar teka-teki Rasulullah saw. Umar bin Khattab lalu berkata, "Ya Rasulullah, itu adalah hal yang mustahil kita lakukan?"
"itu hal yang mungkin kalian lakukan," jawab Rasulullah.

Tak lama kemudian, Ali bin Abi Thalib yang pada waktu itu masih kecil mengangkat tangannya seraya berkata, "Saya bisa, ya, Rasul!"

Rasulullah saw pun berkata, "Ali, coba kamu kemukakan pendapatmu!"

Ali kemudian membava surat Al-Ikhlash sampai selesai, sebanyak tiga kali.



Rasulullah saw lalu bersabda, "Barang siapa membaca Surat Al-Ikhlas sekali, pahalanya sama dengan membaca Al-Quran 10 juz. Jadi, barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, pahalanya sama dengan telah mengkhatamkan Al-Quran 30 juz.


3 komentar:

  1. waah luar biasa ya, baru tau saya gan, kalau boleh tau perawi hadits nya siapa ni gan? . Membaca qur'an dan maknanya itu memang hal yang harus dilakukan supaya kita mengerti makna ayat yang kita baca. selama ini saya hanya baca saja tanpa sepenuhnya mengerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perawi haditsnya Imam Bukhor, iya akhi selain kewajiban kita membaca al-quran, kita juga harus memahami maknanya dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga diberkahi Allah hidup kita, aaaamiiiin

      Hapus
  2. amiin, semoga saja ada banyak blogger seperti agan yang terus menyebarkan ilmu yang bermanfaat untuk umat.

    BalasHapus