Saturday, June 18, 2016

Bacaan Basmalah yang Sangat Indah

Bacaan Basmalah yang Sangat Indah
Bacaan Basmalah atau dalam bahasa arab bismillahirrahmanirrahim pada umumnya memiliki arti “Dengan Menyebut Nama Allah” selalu diucapkan di kala sebelum melakukan segala suatu pekerjaan. Sudah banyak hadits yang menganjurkan untuk membaca Basmalah sebelum memulai suatu pekerjaan, apapun pekerjaan itu kecuali untuk hal yang buruk. Dengan mengucapkan Bismillah maka Allah akan senantiasa menaungi hambanya yang lemah. Selain Allah akan membantu dan menolong, Allah juga akan mempermudah dalam menyelesaikan perkara-perkara dala pekerjaan tersebut.

Terdapat kisah yang menarik tentang ucapan Basmalah dimana dapat membuat orang nasrani memeluk agama Islam.

Rasulullah saw bersama Zaid bin Haritsah pergi ke kota Thaif setelah istri dan pamannya meninggal. Tetapi, saat Rasulullah saw disana malah mendapatkan penganiayaan kaum bani Tsaqif dan penduduk Thaif. Bahkan, Rasulullah terpaksa berjalan merangkak. Rasulullah saw dan Zaid pun memutuskan untuk pulang.

Setelah itu, keduanya sampai di sebuah perkebunan milik dua orang bangsa Qurays yang sangat memusuhi Rasulullah saw di kota Mekkah, Mereka adalah Uthbah dan Syaibah. Uthbah dan Syaibah merasa kasihan melihat penderitaan Rasulullah saw dan Zaid. Mereka lalu menyuruh pelayanannya bernama Addas untuk mengirimkan anggur pada Rasulullah saw dan Zaid.

Ketika Rasulullah saw hendak memakan anggur itu, beliau membaca Basmalah. Demikian juga dengan Zaid. Addas merasa heran dengan bacaan itu. Ia lalu bertanya pada Rasululah saw. Rasulullah saw mengulangi saw mengulangi bacaan Basmalah dengan suara lebih nyaring. Beliau pun bercerita tentang ayat-ayat Al-Quran yang bercerita tentang Nabi Yunus as. Hal ini karena Addas berasal dari daerah Nabi Yunus as. Setelah mendengarkan cerita Addas mendekati Rasulullah saw, lalu mencium tangan dan kaki beliau. Ia menyatakan diri masuk Islam. Kedua majikannya sangat marah ketika mengetahui ia masuk Islam. Tetapi, Addas tetap kukuh pada pendiriannya.


No comments:

Post a Comment

New Post

Mengikuti Bacaan Muazin

Mengikuti Bacaan Muazin - Jika seseorang mendengar azan, hendaknya dia mengikuti bacaan tersebut berdasaran sabda Nabi Saw., "Jika ...

Pages - Menu